Cakwe

Akhirnya nemu juga resep cakwe yang gak pake amoniak kue di blognya mbak Nunung. Amoniak bisa diganti dengan ragi. Bikinnya simple bgt, proses peragiannya makan waktu semaleman ( bisa ditinggal tidur juga lho🙂 ). Cakwe ini paling enak dimakan bareng bubur ayam panas. Hmmmmm

cakwe.jpg

Bahan :
250 gr tepung protein rendah
1/2 sdm baking powder
1/2 sdt baking soda
1 1/2 sdt ragi instant
150 – 200 cc air
3/4 sdt garam
1/4 sdm bawang putih cincang

Cara membuat :
Campur terigu dengan garam dan bawang putih cincang (A)
Di wadah lain campur baking powder dan baking soda dengan air (B)
Larutkan ragi dengan sedikit air (C)
Di tengah-tengah wadah (A), buat lubang dan campur dengan setengah campuran (B), uleni
Masukkan bahan (C), uleni. Tambah sisa (B) sedikit demi sediakit, uleni hingga kalis
Diamkan 30 menit di wadah yg ditutup kain. Uleni lagi selama 5 menit
Diamkan kurleb 8 jam hingga adonan mengembang 2 kali lipat.Tanda sudah cukup mengembang dilihat dari adonan elastis dan mudah ditarik
Bagi adonan sesuai selera, gilas agak tipis sambil ditaburi terigu, potong persegi empat kira-kira tebalnya 15mm dan lebar 0.75 mm, panjangnya sesuai selera
Ambil dua potong adonan lalu tempelkan dan tekan tengahnya dengan menggunakan sumpit/tusuk sate agar menempel satu sama lain, lalu tarik panjang adonan kira-kira 20 cm /sesuai selera (jangan sampai putus), hingga diperoleh adonan panjang dan tipis, lalu goreng dalam minyak banyak dan panas, bolak-balik hingga cakwe mengembang dan kecoklatan warnanya. Angkat

One Response to Cakwe

  1. ummurifqi says:

    Assalamu’alaikum…..
    salam kenal……

    e… ada tho….cakwe yang ga pake amoniak….
    kapan2 nyoba ah…..jogja dimana nih?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: